Featured Post

FAKTOR KOMPRESIBILITAS NITROGEN DAN OKSIGEN

Gambar
        Mudah tidaknya suatu fluida dialirkan sangat tergantung pada viskositas dan densitas, namun di dalam menentukan seberapa besar laju alir gas tidak seperti halnya fluida cair yang secara fisik volumenya tidak dipengaruhi oleh suhu dan tekanan. Gas adalah fluida kompresibel, artinya kondisi suhu dan tekanannya mempengaruhi besarnya volume. Untuk menentukan besarnya volume yang sebenarnya harus mempertimbangkan faktor kompresibilitas (yaitu faktor pengali untuk mengoreksi volume gas). Besarnya faktor kompresibilitas sangat tergantung pada kondisi kritis dan kondisi sebenarnya, dalam hal ini suhu dan tekanan. Untuk gas tertentu seperti nitrogen dan oksigen yang telah diketahui kondisi kritisnya, maka berdasarkan kondisi suhu dan tekanan yang sebenarnya (kondisi operasi) faktor kompresibilitasnya dapat ditentukan secara mudah dengan menggunakan tabel di bawah ini Faktor Kompresibilitas Nitrogen  Faktor Kompresibilitas Oksigen

Linde-Double Column Air Separation



       Dalam gambar (7) menunjukkan proses pemisahan nitrogen dengan menggunakan metoda Linde-Double Column. Pada prinsipnya sama seperti apa yang dilakukan dengan menggunakan metoda Linde-Single Column. Seperti yang terlihat dalam gambar (7), untuk proses pemisahannya dilakukan dengan menggunakan dua buah kolom yang tersusun secara seri, hal ini dimaksudkan agar hasil pemisahannya dapat lebih sempurna dengan kata lain komponen-komponen yang dipisahkan mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi.
Udara cair masuk pada titik intermediate B dan setelah di dalam kolom pertama (bawah) terjadi pemisahan antara fase uap dan fase cair. Fase uap banyak mengandung komponen nitrogen sedangkan fase cair banyak mengandung komponen oksigen. Bagian puncak kolom pertama dilengkapi dengan sebuah condenser dimaksudkan agar pada bagian tersebut terjadi reflux yang akan membantu penajaman dalam pemisahan.


 Linde-Double Column Air Separation

Uap yang dihasilkan dari puncak kolom pertama ditarik melalui titik E kemudian masuk ke dalam kolom kedua (atas). Sedangkan cairan yang dihasilkan dari bagian dasar kolom pertama (reboiler) dengan konsentrasi oksigen sekitar 45 % ditarik melalui titik D masuk ke dalam kolom kedua melalui titik C yang posisinya sedikit di bawah saluran gas masuk. Di dalam kolom kedua terjadi pemisahan yang lebih tajam dan nitrogen maupun oksigen yang dihasilkan mempunyai kemurnian yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh Simple-Linde Separation Process.

Karena condenser harus mengembunkan sebagian uap oksigen yang terikut ke dalam fase uap maka pada kolom pertama harus beroperasi pada tekanan yang lebih tinggi, yaitu sekitar 500 kPa, sedangkan kolom kedua hanya sekitar 100 kPa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

konversi satuan dalam ilmu perminyakan

TIPE-TIPE FURNACE BESERTA PENJELASANNYA

DENSITY / SPECIFIC GRAVITY, ASTM D 1298