Featured Post

FAKTOR KOMPRESIBILITAS NITROGEN DAN OKSIGEN

Gambar
        Mudah tidaknya suatu fluida dialirkan sangat tergantung pada viskositas dan densitas, namun di dalam menentukan seberapa besar laju alir gas tidak seperti halnya fluida cair yang secara fisik volumenya tidak dipengaruhi oleh suhu dan tekanan. Gas adalah fluida kompresibel, artinya kondisi suhu dan tekanannya mempengaruhi besarnya volume. Untuk menentukan besarnya volume yang sebenarnya harus mempertimbangkan faktor kompresibilitas (yaitu faktor pengali untuk mengoreksi volume gas). Besarnya faktor kompresibilitas sangat tergantung pada kondisi kritis dan kondisi sebenarnya, dalam hal ini suhu dan tekanan. Untuk gas tertentu seperti nitrogen dan oksigen yang telah diketahui kondisi kritisnya, maka berdasarkan kondisi suhu dan tekanan yang sebenarnya (kondisi operasi) faktor kompresibilitasnya dapat ditentukan secara mudah dengan menggunakan tabel di bawah ini Faktor Kompresibilitas Nitrogen  Faktor Kompresibilitas Oksigen

CARA PENYIMPANAN NITROGEN



1. PENIMBUNAN NITROGEN    

     Nitrogen cair hasil produk disimpan didalam tangki timbun khusus, tangki ini dilengkapi dengan evaporator untuk memudahkan distribusi.

 tanki penimbunan nitrogen


2. DISTRIBUSI NITROGEN DI KILANG MIGAS

     Nitrogen yang dihasilkan didistribusikan kebagian-bagian yang membutuhkan. Pada kilang  Migas hampir diseluruh bagian membutuhkan untuk Refrigerasi, blangketing, sealing, purging maupun back up udara instrumen. Distribusi Nitrogen misal di daerah proses, untilities, storage dan loading, bengkel, labolatorium dan lain-lain.

3. CONTOH DISTRIBUSI NITROGEN
                                                    

Ke Area Process
Ke Power Generation UTL
Ke Dermaga LNG & LPG
Ke Area Boll Off Compressor

    Dari N2 Plant
 
Ke LNG Stronge Area
Ke LNG Flare
Ke Feed Gas KOD
Ke Laboratory Shop
Ke Maintenance Shop
Ke Condensate Storage Area

Gambar (14): Distribusi nitrogen


 4. FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERHATIKAN DALAM DISTRIBUSI

Untuk menjaga kualitas, kuantitas dan kontinyuitas ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan pada sistim distribusi nitrogen yaitu :
a.         Rate dan kapasitas
b.        Tekanan alir
       Menjaga kontinyuitas aliran  sesuai dengan kebutuhan
c.         Penimbunan Nitrogen
       Nitrogen ditimbun dalam tangki khusus sebagai persediaan, penimbunan dalam bentuk cair. Tangki timbun dilengkapi dengan evaporator (Voporizer) yang dapat mengubah N2 cair menjadi N2 gas untuk mempermudah Distribusi.
d.        Kemurnian Nitrogen
       Nitrogen bisa mencapai kemurnian  tinggi, jenis HPN (High Purity Nitrogen)
       Mempunyai tingkat kemurnian tinggi 99,9%
e.         Contaminant

       Kontaminan yang sering terikat olah O2. Kontaminan O2  terjadi karena kelebihan udara yang ditambahkan dalam proses atas adanya reflux yang berlebihan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

konversi satuan dalam ilmu perminyakan

TIPE-TIPE FURNACE BESERTA PENJELASANNYA

DENSITY / SPECIFIC GRAVITY, ASTM D 1298