Featured Post

FAKTOR KOMPRESIBILITAS NITROGEN DAN OKSIGEN

Gambar
        Mudah tidaknya suatu fluida dialirkan sangat tergantung pada viskositas dan densitas, namun di dalam menentukan seberapa besar laju alir gas tidak seperti halnya fluida cair yang secara fisik volumenya tidak dipengaruhi oleh suhu dan tekanan. Gas adalah fluida kompresibel, artinya kondisi suhu dan tekanannya mempengaruhi besarnya volume. Untuk menentukan besarnya volume yang sebenarnya harus mempertimbangkan faktor kompresibilitas (yaitu faktor pengali untuk mengoreksi volume gas). Besarnya faktor kompresibilitas sangat tergantung pada kondisi kritis dan kondisi sebenarnya, dalam hal ini suhu dan tekanan. Untuk gas tertentu seperti nitrogen dan oksigen yang telah diketahui kondisi kritisnya, maka berdasarkan kondisi suhu dan tekanan yang sebenarnya (kondisi operasi) faktor kompresibilitasnya dapat ditentukan secara mudah dengan menggunakan tabel di bawah ini Faktor Kompresibilitas Nitrogen  Faktor Kompresibilitas Oksigen

TIPE-TIPE FURNACE BESERTA PENJELASANNYA

1.      Furnace tipe box

      Merupakan furnace yang konfigurasi strukturnya berbentuk box. Terdapat berbagai desain yang berbeda untuk furnace tipe box. Desain ini meliputi berbagai macam variasi dari konfigurasi tube coil, yaitu horizontal, vertikal, helikal dan arbor.

Gambar 2 memperlihatkan salah satu jenis furnace tipe box dengan coil horizontal dan diperlihatkan beberapa komponen utamanya.


Gambar 1.2     Furnace tipe box (API 560)

       Tube dalam seksi radiasi dalam furnace disebut tube radian/ radiant tube. Panas yang diambil oleh tube-tube ini terutama diperoleh langsung secara radiasi dari nyala api dan dari pantulan panas refractory.

Shield tube/ tube pelindung biasanya ditempatkan pada bagian bawah seksi konveksi. Karena tube-tube ini menyerap baik panas radian maupun panas konveksi, maka tube-tube tersebut akan menerima kerapatan panas yang tertinggi.

Daerah dengan heat density (kepadatan panas) yang lebih rendah adalah seksi konveksi. Tube pada seksi ini disebut tube konveksi/ convection tube. Panas dalam seksi konveksi berasal dari panas hasil pembakaran yang melalui seksi konveksi.

Ukuran dan susunan tube dalam heater tipe box ditentukan oleh tipe operasi heater - misalnya distilasi crude oil atau cracking, jumlah panas yang diperlukan, dan jumlah aliran yang melalui tube.

Heater tipe box dapat berbentuk up-draft (arah flue gas ke atas) atau down-draft (arah flue gas ke bawah), dengan burner gas (fuel gas) atau minyak (fuel oil) yang ditempatkan di sisi dinding, di lantai, di atap atau kombinasinya.

Setelah tube konveksi yang dipasang di seksi konveksi, tube pelengkap biasanya dipasang untuk memanaskan udara burner atau membangkitkan steam superheated untuk keperluan proses atau lainnya.

2.      Furnace tipe cabin

           Merupakan furnace yang strukturnya berbentuk seperti cabin. Terdiri dari bagian konveksi dan radiasi. Burner terletak pada lantai bawah dan nyala api tegak sejajar dengan dinding furnace. Tube-tube furnace di daerah radiasi, umumnya tersusun horisontal, tetapi ada juga yang vertikal.

Dua barisan pipa terbawah dibagian konveksi merupakan “Shield” (shield section). Dapur cabin mempunyai effisiensi lebih tinggi dari pada dapur jenis lain. Dapur ini sering dijumpai di industri. Kapasitas maksimum yang dicapai 120 mm BTU.

Gambar 3 memperlihatkan salah satu jenis furnace tipe cabin dan diperlihatkan beberapa komponen utamanya.

Gambar 1.3     Furnace tipe cabin (P. Trambouze)

3.      Furnace tipe silinder vertikal

      Dapur silinder vertikal (vertical cylindrical furnaces) merupakan dapur yang berbentuk silinder tegak. Burner terletak pada lantai dapur dengan nyala api tegak sejajar dengan dinding furnace. Tube-tube furnace di daerah radiasi terpasang tegak melingkar mengelilingi burner.

Panas dipancarkan secara radiasi di bagian silinder. Bagian konveksi berada di atas bagian radiasi. Diantara bagian radiasi dan konveksi dipasang kerucut untuk menyempurnakan radiasi (Reradiating Cone). Dapur ini biayanya murah dan harga bahan bakarnya rendah. Pemanasan yang diperlukan tidak begitu tinggi dengan kapasitas maksimum 70 mm BTU.


Gambar 1.4     Furnace tipe silinder vertikal (P. Trambouze)

Selain ketiga jenis furnace di atas masih terdapat beberapa tipe furnace berdasarkan susunan dari tube di bagian radiasi dan konveksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

konversi satuan dalam ilmu perminyakan

DENSITY / SPECIFIC GRAVITY, ASTM D 1298