Featured Post

FAKTOR KOMPRESIBILITAS NITROGEN DAN OKSIGEN

Gambar
        Mudah tidaknya suatu fluida dialirkan sangat tergantung pada viskositas dan densitas, namun di dalam menentukan seberapa besar laju alir gas tidak seperti halnya fluida cair yang secara fisik volumenya tidak dipengaruhi oleh suhu dan tekanan. Gas adalah fluida kompresibel, artinya kondisi suhu dan tekanannya mempengaruhi besarnya volume. Untuk menentukan besarnya volume yang sebenarnya harus mempertimbangkan faktor kompresibilitas (yaitu faktor pengali untuk mengoreksi volume gas). Besarnya faktor kompresibilitas sangat tergantung pada kondisi kritis dan kondisi sebenarnya, dalam hal ini suhu dan tekanan. Untuk gas tertentu seperti nitrogen dan oksigen yang telah diketahui kondisi kritisnya, maka berdasarkan kondisi suhu dan tekanan yang sebenarnya (kondisi operasi) faktor kompresibilitasnya dapat ditentukan secara mudah dengan menggunakan tabel di bawah ini Faktor Kompresibilitas Nitrogen  Faktor Kompresibilitas Oksigen

ABSTRAK MEMANEN BAHAN BAKAR HIDROGEN DENGAN TENAGA MATAHARI

MEMANEN BAHAN BAKAR HIDROGEN DENGAN TENAGA MATAHARI

Dewasa ini keberadaan bahan bakar sangat penting karena mobilitas manusia yang sangat tinggi. Konsumsi energi dari sumber fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara untuk kendaraan sangat tinggi, sementara ketersediaan bahan bakar fosil ini makin menipis. Semakin menipisnya bahan bakar fosil sekarang mulai dirasakan sehingga membuat manusia terdesak mencari alternatif bahan bakar masa depan. Maka teknologi fuel cell untuk kendaraan amatlah produktif. Fuel cell ini akan mengubah hidrogen menjadi energi listrik. Hidrogen adalah senyawa kimia yang sangat melimpah di bumi dan merupakan gas diatomik yang sangat mudah terbakar dengan massa atom 1,00794 sma dan juga hidrogen merupakan unsur teringan di dunia. Memproduksi hidrogen untuk menjadi bahan bakar dari komponen tersebut secara efesien menjadi tantangan yang besar pada hari ini. Teknik menghasilkan hidrogen saat ini dirasa masih lebih mahal daripada minyak bumi. Maka dari situ para ilmuwan mencari cara bagaimana membuat bahan bakar hidrogen dari air yang lebih murah. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan PV cell dalam proses pembentukan bahan bakar hidrogen dengan tenaga matahari. PV cell ini juga didukung oleh sistem solar tracker 3 axis sehingga PV cell dapat bergerak mengikuti pancaran sinar matahari. Dengan mengolah sinar matahari untuk memproduksi hidrogen akan lebih murah dan efesienn dibandingkan dengan metode yang telah di lakukan sebelumnya. Konsep menyimpan energipun akan lebih mudah. Hidrogen dapat di simpan dala tangki penampungan untuk digunakan kapan saja dan untuk apa aja.
Gambar diatas menunjukan cara kerja elektrolisis menggunakan tenaga sinar matahar. Dimana energi panas dari sinar matahari akan diserab oleh PV cell dan kemudian menggubah menjadi energi listrik. listrik tersebut akan digunakan untuk proses pembuatan bahan bakar hidrogen atau eloktrolisis. adanya hubungan antara besar arus terhadap jumlah hidrogen yang akan dihasilkan melalui proses elektrolisis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

konversi satuan dalam ilmu perminyakan

TIPE-TIPE FURNACE BESERTA PENJELASANNYA

DENSITY / SPECIFIC GRAVITY, ASTM D 1298